03 Agustus 2008

Koneksi Internet dari Modem HP ke PC: BlueTooth vs Kabel Data

Untuk koneksi internet menggunakan modem HP ke PC kita harus menggunakan Infra Red (IR), Kabel Data, ataupun BlueTooth. Pengalaman saya menggunakan Kabel Data dan BlueTooth, manakah yang lebih baik?




Kabel Data

  • Keuntungan: Koneksi lebih stabil, jarang ada gangguan, bisa transfer data lebih besar sehingga untuk download aplikasi dan mp3 yang berukuran besar bisa dilakukan
  • Kerugian: Susah melakukan koneksi karena ujung kabel yang ditancapkan ke HP bila sering kita koneksikan akan mengalami gangguan yang membuat susahnya koneksi, kita tidak bisa membawa HP kita sambil berjalan-jalan di sekitar ruangan karena ada kabel yang ditanjapkan ke HP, mudah rusak (yaitu susah koneksi seperti di atas) Pengalaman saya menggunakan Kabel Data SE K750i dan Nokia N70ME.


  • BlueTooth

  • Keuntungan: Mudah koneksi ke PC atau Laptop (bagi laptop yang belum punya bluetooth) hanya sekali klik, HP bisa dibawa-bawa dalam jarak 10-100 meter bila tidak ada penghalang, koneksi bisa kapanpun tanpa harus melakukan restart ulang atau masalah koneksi yang susah seperti Kabel Data.
  • Kerugian: Transfer hanya bisa dilakukan maksimal 5MB bila Anda menggunakan Aplikasi Bluesoleil Evaluation Version, untuk mendapatkan kapasitas transfer maksimal maka Anda harus membeli versi full dari Bluesoleil yang digunakan agar koneksi data lebih besar dapat kita lakukan (download besar-besaran), namun untuk mengatasinya kita bisa meng-exit bluesoleil yang ada di taskbar kanan bawah, kemudian buka kembali bluesoleilnya maka Anda dapat melakukan transfer lagi, sering tidak stabil (tiba-tiba koneksi terputus).



  • Ke Halaman Utama>>

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Mohon tinggalkan komentar Anda, pasti difollow up.